Kamis, 17 Juni 2010

MAKALAH KOSMET HAIR TONIC

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Rambut adalah sesuatu yang keluar dari dalam kulit dan kulit kepala, rambut tidak mempunyai syaraf perasa, sehingga rambut tidak terasa sakit kalau dipangkas. Dengan adanya rambut, selain berfungsi sebagai mahkota, juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas terik matahari, cuaca dingin. Rambut membutuhkan penataan dan perawatan secara teratur supaya rambut tetap sehat, indah, dan berkilau.

Dalam menggunakan Kosmetika rambut dibutuhkan suatu ketelitian agar rambut tetap sehat indah dan indah. Setiap ahli kecantikan, harus teliti dan tepat dalam menentukan analisa dan diagnosa tentang keadaan kulit kepala dan rambut serta kelainan yang ada pada kulit dan rambut tersebut. Oleh sebab itu seorang ahli kecantikan sangat perlu mempelajari ilmu tentang kulit, kulit kepala dan rambut, ( Trycology ) Dengan mempelajari ilmu tentang kulit, kulit kepala dan rambut, kita akan dapat memberikan analisa yang tepat dan dapat memberikan nasehat-nasehat bagi langganan kita bila diperlukan untuk perbaikan dan perhatian dalam pemeliharan serta perawatan agar rambut tetap sehat dan indah. Rambut yang kurang perawatan, akan mudah mengalami kerusakan seperti rambut kusam, patah rontok bahkan dapat menimbulkan kebotakan. Beberapa faktor penyebab rambut bermasalah diantaranya adalah kurang asupan nutrisi, Infeksi kulit kepala, Flu berat, Masa pertumbuhan, Perawatan rambut yang salah serta karena pengaruh obat-obatan tertentu.

Penyebab rambut rontok secara umum :

  • Folikel rambut sangat sensitif terhadap lingkungan.
  • Kondisi rambut kita sangat terpengaruh oleh lingkungan yang terpolusi seperti sekarang.
  • Rambut yang rontok juga dapat disebabkan oleh stres, tegang, diet, sedang menjalani pengobatan, sirkulasi darah yang buruk dan sakit fisik.
  • Lebih jauh, pemakaian bahan kimia yang berlebih pada rambut akan berdampak buruk bagi rambut.

Dengan situasi seperti ini, cara paling efektif adalah memberi nutrisi yang terus menerus pada rambut dan kulit kepala. Perawatan rambut secara teratur, seperti:

a. Massage Rambut (Creambath)

b. Keramas Rambut (Shampoo)

c. Membilas Rambut (Conditioner)

d. Pemberian Tonic Rambut (Hair Tonic).

Dalam hal ini kelompok kami mengetengahkan tentang hair tonic.

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana definisi dari Hair Tonic itu sendiri?

2. Bagaimana bahan dan kegunaan dari Hair Tonic?

3. Apa saja contoh-contoh dari Hair Tonic?

C. Tujuan

1. Mengetahui definisi dari Hair Tonic.

2. Mengetahui bahan dan kegunaan dari Hair Tonic.

3. Mengetahui contoh-contoh dari Hair Tonic yang ada di pasaran.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Definisi

Hair tonic adalah ramuan "ajaib" rahasia rambut sehat. Gunakan tonik saat rambut dalam kondisi lembap usai keramas dengan sampo dan memakai kondisioner sesuai dengan kondisi kepala. Hair tonic adalah cairan perangsang penumbuh rambut yang biasanya berbahan dasar tumbuh-tumbuhan, seperti ekstrak ginseng atau biji-bijian (biji bunga Matahari) dan daun (mint).

Hair tonic digunakan untuk memperkuat akar rambut, merangsang tumbuhnya rambut baru, menghilangkan kotoran rambut, memperlancar peredaran darah serta membantu melumasi rambut. Cukup teteskan 3-5 tetes, pada titik-titik Kulit kepala atau pada daerah kulit kepala yang riskan mengalami kebotakan (misalnya belahan rambut). Pijat perlahan kulit kepala, agar hair tonic dapat meresap dan langsung bekerja. Pijatan-pijatan lembut ini akan merangsang stimulasi pertumbuhan rambut.

Mekanisme kerja hair tonic adalah merangsang pertumbuhan bagian dasar rambut yang mengandung sel-sel melanosit yang cukup untuk menghasilkan melanin (Zat warna rambut / pigmen) dan sel-sel yang mengsintesakan keratin keras (hard keratin) sebagai dasar pembentukan rambut sehingga rambut tampak hitam berkilau, mudah diatur dan mempunyai akar rambut yang kuat

B. Formula Standard Dan Kegunaan

Hair tonic adalah kosmetika yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut, baik pada rambut rontok atau rambut normal.

Formula Standard :

Resorsin 5

Tingtu kapsikum 1

Etanol 89

Minyak jarak 5

Parfum, zat pewarna secukupnya

Kegunaan Tonic Rambut (Hair Tonic)

1. Untuk menguatkan akar rambut

2. Untuk merangsang pertumbuhan dan kesuburan rambut.

3. Membantu menguatkan akar rambut

4. Merawat pertumbuhan rambut

5. Menjaga / merawat kesehatan kulit kepala dan rambut

6. Menghilangkan /mengurangi ketombe (mengandung anti ketombe) dan gatal-gatal karena ketombe

C. Alasan Pemilihan Bahan

1. Resorsin

Pemerian : hablur berbentuk jarum atau serbuk hablur, putih atau hampir putih, bau khas, rasa manis diikuti rasa pahit.

Kelarutan : larut dalam 1 bagian air dan dalam 1 bagian etanol (95%) pekat, larut dalam eter pekat, dalam gliserol pekat dan dalam minyak lemak.

Khasiat dan kegunaan : keratolitikum (mengelupaskan kotoran rambut), dapat juga digunakan sebagai pewarna (pengkilat).

2. Tingtur kapsikum

Pemerian : bau merangsang, rasa sangat pedas.

Zat khasiat : kapsisin, dammar, zat warna kapsantin dan karoten.

Khasiat dan Penggunaan : stimulan (perangsang pertumbuhan rambut).

3. Etanol

Pemerian: cairan tak berwarna, jernih, mudah menguap dan mudah bergerak, bau khas, rasa panas, mudah terbakar dengan memberikan nyala biru yang tidak berasap.

Kelarutan: sangat mudah larut dalam air, dalam kloroform pekat dan dalam eter pekat.

Khasiat dan penggunaan : zat tambahan (pelarut)

4. Minyak jarak

Pemeriaan : cairan kental, jernih, warna kuning pucat manis, agak pedas, umumnya memualkan.

Cara memperoleh : minyak lemak yang diperoleh dengan pemerasan dingin biji yang telah dikupas.

Zat berkhasiat : gliserida dari asam risinoleat, gliserida asam oleat, asam linoleat.

5. Parfum dan zat pewarna secukupnya

Seperti : jasmine, rose, kemiri, aloe vera, green tea, olive.

Untuk pewarna dapat juga digunakan resorsin.

D. Macam -macam Hair Tonic

Berikut ini macam-macam hair tonic yang ada di pasaran :

1. Hair Tonic Anti Ketombe

Fungsi : mengontrol ketombe dan merawat kulit kepala dengan menghampat dan mematikan populasi jamur Malassezia yang merupakan cikal bakal ketombe, memperlambat prolifera sel kulit kepala, dan mengurangi aktivitas kelenjar sebasea kulit kepala.

2. Hair Tonic Ginseng

Fungsi : memperkuat rambut rapuh dan mengembalikan kelembaban rambut kering. Saripati ginseng bahkan mampu menyuburkan rambut yang tidak tumbuh dalam jumlah yang normal. Agar kesehatan rambut tetap terjaga, ginseng mengandung Pro Vitamin B5, UV Filter, dan memperkuat akar rambut.

3. Hair Tonic Green Tea

Fungsi : Melembutkan rambut, mengangkat sel-sel kulit mati pada rambut, meningkatkan elastisitas rambut & menyuburkan rambut.

Hair Tonic Green Tea yang berbahan dasar Teh Hijau sangat cocok untuk mengurangi lemak dan mencegah selulit pada wanita / pria. Green Tea, mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi bekas luka, flek-flek, mencegah selulit, mencegah kanker kulit, memberi nutrisi pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi, memutihkan kulit, menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit keriput & mengandung antioksidan.

4. Hair Tonic Henna

Fungsi : membuat rambut lembut, sehat, hitam & mengkilat.

Henna, pewarna rambut dari bahan alami tumbuhan ini biasanya digunakan untuk pewarnaan rambut permanen. Henna terbukti tidak akan merusak rambut. Henna sangat bagus untuk rambut kusam, kurang sehat, kurang hitam alami, memberikan warna permanen yang cantik pada rambut.

5. Hair Tonic Herbal

a. Fungsi :

Menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih dengan menormalkan fungsi kelenjar minyak pada kepala tetap bersih, melembabkan dan memberi nutrisi pada rambut.

1. Membantu mengaktifkan sistem sel-sel kulit kepala

2. Membantu mekanisme ketahanan kulit & memperbaiki keseimbangan biologi

3. Meningkatkan pembentukan kembali fibroblast yang rusak karena sinar UV kondisi lingkungan yang buruk, pola kehidupan yg tidak teratur dan stress.

4. Mengandung Vit. A, E, F, H (biotin), B, sehingga dapat memperbaiki kondisi kulit kepala yang rusak dan memberikan nutrisi bagi kulit kepala yang berefek menyuburkan pertumbuhan rambut.

b. Komposisi

1. 2,4-Diamino Pyrimidine 3 Oxide

Sangat efektif menstimulasi pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan yang bekerja pada struktur dalam akar rambut dengan cara :

1. Mencegah pengerasan kolagen akar rambut (fibrosis) sebagai penyebab pembuluh darah mengerut dan memperpendek hidup rambut.

2. Meningkatkan sistesis mRNA yang akan mempertebal rambut, memperkuat akar supaya bertahan lebih lama.

c. Aloe Vera Extract

Mengandung enzim proteolitik yang akan mengelupaskan sel kulit mati dan membuka pori-pori. Kandungan Acemmanan meningkatkan fluiditas dan permeabilitas membran, Nutrient intake, Detoksifikasi dan anti inflamasi.

d. Gingko Biloba Ekstrak

Meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan kulit, sehingga nutrisi tersuplai ke folikel rambut yang akan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan bioflavanoid berefek sebagai anti inflamasi.

e. Ginseng

Meningkatkan sirkulasi pembuluh darah dan mengatur metabolisme seluler, sehingga membantu asupan nutrisi dan menjaga kekuatan rambut.

6. Hair Tonic Kemiri

Fungsi : mengobati kerusakan rambut, seperti rambut kering dan mudah patah.

Kemiri (Aleurites javanica), dikenal sebagai salah satu tanaman rempah yang biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Selain berfungsi sebagai salah satu bumbu yang kerap dipakai di berbagai jenis masakan Indonesia, kemiri juga memiliki beberapa khasiat tanaman obat.

7. Hair Tonic Olive

Fungsi : melembabkan rambut, mencegah rambut kering, memberi nutrisi, regenerasi sel rambut baru, mencegah hyper pigmentasi dan bahaya radikal bebas lainnya.

Olive Extract Fruit , mengandung :

1. Gallic Acid Tanin : anti iritasi, antioksidan, astringent / penyegar.

2. Cathecin : memproteksi sel rambut

3. Iridoids : antioksidan & anti jamur

4. Triterpenes : anti inflamasi

8. Hair Tonic Spa Jasmine

Fungsi : Melembutkan rambut, mengangkat sel-sel kulit mati pada rambut, meningkatkan elastisitas rambut, menyehatkan kulit kepala & menyuburkan rambut.

Jasmine (Bunga Melati), sari minyaknya diambil dari bagian bunga melati yang mempunyai efek menyejukkan, meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, gairah seksual, kepekaan, kejernihan pikiran, harapan, keterbukaan, kebijaksanaan, ketenangan jiwa, rasa bahagia, romans, dan cinta. Juga dapat mengurangi depresi, rasa cemas, batuk, rasa sakit saat menstruasi, stress, sedih, kecewa, dan rasa iri.

9. Hair Tonic Spa Rose

Fungsi : Melembutkan rambut, mengangkat sel-sel kulit mati pada rambut, meningkatkan elastisitas rambut & menyuburkan rambut.

Rose Oil, yang diperoleh dari bunga mawar mengembalikan keseimbangan air kulit (moisture balance) dan membantu menyamarkan kerutan pada kulit. Rose oil juga memiliki efek astringent, toning, calming, antiseptic dan rejuvenating. Efek emosional dari rose oil adalah menenangkan, mengurangi depresi, stress, ketegangan, mengendorkan saraf dan membantu mengatasi masalah imsomnia.

E. Cara Penggunaan dan Hasil dari Hair Tonic

Cara Penggunaan :

1. Pijat dengan ujung jari secara lembut

2. Untuk hasil terbaik gunakan 2 kali sehari pagi dan malam.

3. Gunakan setiap malam sebelum tidur pada kulit kepala

Hasil yang akan diperoleh Setelah Menggunakan Hair Tonic

1. Mengurangi rambut yang rontok dan merangsang pertumbuhan rambut (menyuburkan rambut).

  1. Melindungi rambut dengan microfilm kondisioner.
  2. Menunjang kulit kepala yang lebih sehat dengan cara menyeimbangkan proses sekresi.
  3. Memperbaiki elastisitas sehingga menyisir akan lebih mudah.

Tips:

1. Pada saat melakukan pemijatan pada kulit kepala, sebaiknya potong pendek kuku jari tangan. Kuku yang panjang bisa menggores kulit kepala.

2. Lakukan hair tonic saat Anda punya waktu luang, dengan teratur. Sehingga, Anda bisa bekerja dengan maksimal karena tidak terburu-buru.

3. Makanan yang bergizi juga membuat rambut menjadi kuat dan indah. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan kacang-kacangan.

4. Jangan sering memakai ikat rambut atau jepitan, karena akan ada helaian rambut yang tertarik saat dilepaskan.

5. Perlakukan rambut selembut mungkin. Pakai sisir bergigi jarang.

6. Setelah keramas, sebaiknya keringkan rambut dengan cara diangin-anginkan. Hindari terlalu banyak memakai mesin pengering rambut.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Hair tonic adalah ramuan "ajaib" rahasia rambut sehat. Gunakan tonik saat rambut dalam kondisi lembap usai keramas dengan sampo dan memakai kondisioner sesuai dengan kondisi kepala.

Hair tonic digunakan untuk memperkuat akar rambut, merangsang tumbuhnya rambut baru, menghilangkan kotoran rambut, memperlancar peredaran darah serta membantu melumasi rambut.

Mekanisme kerja hair tonic adalah merangsang pertumbuhan bagian dasar rambut yang mengandung sel-sel melanosit yang cukup untuk menghasilkan melanin (Zat warna rambut / pigmen) dan sel-sel yang mengsintesakan keratin keras (hard keratin) sebagai dasar pembentukan rambut sehingga rambut tampak hitam berkilau, mudah diatur dan mempunyai akar rambut yang kuat

B. Saran

1. Perlu dilakukan adanya pengujian terhadap hair tonic yang beredar di pasaran

2. Perlu adanya penelitian yang lebih lanjut tentang bahan bahan yang digunakan dalam Hair tonic

3. Perlunya penelitian terhadap bahan alamiah yang bisa digunakan sebagai hair tonic alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar